Hasil UN Syarat Masuk SMP

PALEMBANG, BSN – Hasil nilai Ujian Nasional (UN) tingkat SD kota Palembang bakal digunakan sebagai syarat penentu dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri dan Swasta kota Palembang. Hal tersebut diungkap Kabid SD Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang Bahrin, S.Pd.MM.

Dikatakannya,  dalam beberapa hari lalu Disdik Pusat sudah memberikan seluruh hasil nilai UN tingkat SD kota Palembang. Mengingat sebentar lagi akan digelarnya PPDB tingkat SMP. “Makanya Disdik dengan cepat memberikan hasil tersebut kepada seluruh SD Negeri dan Swasta di kota Palembang. Soalnya hasil UN tersebut menjadi syarat dalam PPDB tingkat SMP nantinya,” katanya.

Tercatat penerima nilai UN SD di kota Palembang berjumlah SD negeri ada 248, SD Swasta ada 143, sedangkan khusus MI negeri ada 2 dan MI Swasta ada 88. “Kita harap dalam pembagian nilai UN, siswa sudah bisa mendaftarkan ke tingkat SMP Negeri, sebab nilai UN salah satu syarat dalam jenjang SMP,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 39 Palembang Linda Emellya mengatakan memang benar sekolahnya beserta SD lain sudah mendapatkan hasil UN ini sejak hari beberapa waktu lalu Disdik kota Palembang, dan hari Senin (4/6) semua wali kelas 6 harus membagikan nilai UN ke tiap-tiap siswa. “Alhamdulilah dari total kelas 6 yang berjumlah 168 siswa/i mereka berhasil lulus. Pembagian nilai UN sendiri di mulai hari ini,” katanya.

Sesuai instruksi Disdik kota, apabila sudah dapat UN tersebut para wali kelas harus membagikan hasil tersebut ke siswanya. “Untuk pembagian ijazah sendiri kita masih menunggu dari Disdik kota. Khusus di SDN 39 kami akan PPDB di SMP Negeri 3 Palembang, soalnya SMP tersebut memang rayon terdekat dengan SD nya. Saya lihat ada sebagian siswa SD nya dapat nilai terendah dari angka 7 sampai tertinggi angka 9,” jelasnya.

Pembagian nilai UN sendiri harus dihadiri siswa beserta orang tua siswa atau perwakilan wali siswa. “Ya, kalau mereka tidak mengambil hasil UN ini, bisa-bisa tidak memenuhi syarat menuju tingkat SMP Negeri, sebab dari informasi dalam bulan ini PPDB SMP sudah mulai buka. Makanya dengan diberikan hasil tersebut, siswa bisa segera memilih SMP yang menjadi pilihannya sesuai dengan zonasi, ” pungkasnya.. (hb)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.