Langsung Ditangkap, Jika Kedapatan Ada yang Buang Sampah Sembarangan

Yahusin Siap tangkap Pelaku

PALEMBANG, BuanaSumselNews.co – Terkait perda pengelolaan sampah yang disahkan Pemerintah Kota Palembang (Pemkot), sejumlah masyarakat mendukung aplikasi yang dilakukan di langan. Sesuai Perda Nomor 3 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis, jika ada yang kedapatan membuang sampah tidak ditempat yang ditentukan, langsung dikenakan tindakan hukum.

Terkait soal itu, Wali Kota Palembang, H Harnojoyo akan mengambil tindakan tegas. Sesuai payung hukum yang dimiliki, katanya, setiap pelanggar yang membuang sampah di sembarang tempat akan dikenakan denda sebesar  Rp 250  ribu atau hukuman kurungan penjara selama tiga hari.

Menurut Harnojoyo, ketentuan itu sudah diberlakukan dalam dua tahun terakhir, namun penerapannya belum maksimal. Untuk menindak lanjuti penegakan hukum terkait perda walikota Palembang yang tengah disosialisasikan di delapan wilayah kecamatan dan seratus tujuh kelurahan yang ada, siapa saja, tanpa terkecuali, akan  dipenjarakan.

“Bahkan, setelah ditangkap dan dipenjarakan, mereka akan kita pertontonkan ke publik lewat media sosial atau media cetak,”  ujar Lurah 1 Ilir, Yahusin kepada BuanaSumselNews.com, kemarin (Kamis, 11/10/2018).

Menurut dia, ada hal yang lucu terjadi di tahun 2016. Di atas terdapat papan nama yang di dalamnya tertera Perda Nomor  3 tahun 2015 terkait pengelolaan sampah, eh di bawahnya terdapat tumpukan sampah. “Isinya perda itu, hukuman penjara tujuh bulan dan denda sebesar Rp 100 juta. Wuih, ini begitu menyepelekan,” katanya.

Yahusin menyontohkan suasana di Singapura tahun 2013 lalu, tak seorang pun yangberani membuang sampah sembarangan.  “Jangankan membuang sampah, berludah saja orang harus hati-hati. Jika ketahuan, si pembuang sampah akan segera dipenjara. Seharusnya kita menyontoh hal-hal yang baik seperti itu,” katanya.

Menurut dia, ada berbagai kalangan yang mendukung kebijakan Pemerintah Kota Palembang. Mereka ikut memasyarakatkan perda tersebut kepada orang-orang yang tak peduli dengan kebersihan lingkungan.  Bahkan membuang sampah sembarangan saja. “Sebagai lurah dan masyarakat yang berdomisili di Palembang, secara pribadi saya siap menyosialisasikan Perda nomor 3 tahun 2015. Siapa saja yang saya membuang sampah sembarangan, ia akan saya tangkap,” tegasnya. (sirlani)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.